Helium Test

Helium Test

Salah satu pengetesan yang pernah saya lakukan dalam mendeteksi kebocoran dari suatu part hasil pengelasan / produksi adalah dengan menggunakan He (Hellium) , mengapa digunakan gas mulia ini ?

penyebabnya adalah karena He adalah gas yang sangat ringan , tidak berwarna, tidak beracun, walaupun langka dan bisa memisahkan diri dari udara di sekitarnya sehingga lebih mudah untuk melalui, adapun karena He sangat ringan maka mampu memasuki area-area crack dan “hair crack” diantara hasil pengelasan dalam struktur yang sangat kecil sehingga lebih menjamin proses NDT (Non destructive test).

Penggunaan He dalam proses pengetesan biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin MST (mass spectrometry) dengan penyedotan vacuum mulai dari 1 x 10-6 sampai dengan 1 x 10-9 ( adalah kebalikan dari proses pressurize) dimana mesin MST akan mendeteksi apabila ada He yang tertangkap , jadi proses pengetesan ini bersifat dari luar ke dalam, part yang akan ditest disemprot bagian luarnya oleh He sedangkan MST will vacuumize the inner side of the test part. thus at the same time MST will detect if there is a leak on the part.

berikut ini adalah salah satu source dari wikipedia mengenai gas He

Helium (He) adalah unsur kimia yang tak berwarna, tak berbau, tak berasa, tak beracun, hampir inert, monatomik, dan merupakan unsur pertama pada seri gas mulia dalam tabel periodik dan memiliki nomor atom 2. Titik didih dan titik leburnya merupakan yang terendah dari unsur-unsur lain dan ia hanya ada dalam bentuk gas kecuali dalam kondisi “ekstrem”. Kondisi ekstrem juga diperlukan untuk menciptakan sedikit senyawa helium, yang semuanya tidak stabil pada suhu dan tekanan standar. Helium memiliki isotop stabil kedua yang langka yang disebut helium-3. Sifat dari cairan varitas helium-4; helium I dan helium II; penting bagi para periset yang mempelajari mekanika kuantum (khususnya dalam fenomena superfluiditas) dan bagi mereka yang mencari efek mendekati suhu nol absolut yang dimiliki benda (seperti superkonduktivitas).

Helium adalah unsur kedua terbanyak dan teringan di jagad raya dan salah satu unsur yang diciptakan pada saat nukleosintesis Big Bang. Dalam Jagad Raya modern hampir seluruh helium baru diciptakan dalam proses fusi nuklir hidrogen di dalam bintang. Di Bumi, unsur ini diciptakan oleh peluruhan radioaktif dari unsur yang lebih berat (partikel alfa adalah nukleus helium). Setelah penciptaannya, sebagian darinya terkandung di udara (gas alami) dalam konsentrasi sampai 7% volume. Helium dimurnikan dari udara oleh proses pemisahan suhu rendah yang disebut distilasi fraksional.

Pada 1868, astronom Prancis Pierre Janssen mendeteksi pertama kali helium sebagai signatur garis spektral kuning yang tak diketahui dari cahaya dari gerhana matahari. Sejak itu kandungan helium besar banyak ditemukan di ladang gas alam di Amerika Serikat, yang merupakan penyedia gas terbesar. Helium digunakan dalam kryogenik, sistem pernafasan laut dalam, untuk mendinginkan magnet superkonduktor, dalam “helium dating“, untuk pengembangan balon, untuk mengangkat kapal udara dan sebagai gas pelindung untuk penggunaan industri (seperti “arc welding“) dan penumbuhan wafer silikon). Menghirup sejumlah kecil gas ini akan menyebabkan perubahan sementara kualitas suara seseorang.

best regards,,,and Wassalam

One thought on “Helium Test

  1. Mas Ramhdani yg terhormat..
    merk & type Helium leak detector yang anda gunakan apa?
    Kami punya satu portable Helium Leak Detector Merk Heli Test (model portable, seperti koper dengan 1 tabung kecil beisi Helium)dan sekarang kondisi nya rusak.
    kami kesulitan menghubungi teknisi/support manufacture nya. Mohon bila anda tahu tolong email kami.(yoyon_san@yahoo.com)
    Rencana akan kami gunakan untuk melakukan Leak Test Condensor steam Turbin Kapasita 300 MW (dimensi condensor HxWxT : 12m x 12 m x 12m).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s